Skip to main content

Annapurna Basecamp Series: Drama Pertama Menuju Tanah Dewa-Dewa Himalaya

Tips Sederhana Menghadapi Udara Dingin di Gunung.

Tips Sederhana Menghadapi Udara Dingin di Gunung.

Hiking di daerah tropis bukan berarti kita terbebas dari ancaman dingin. Tanpa persiapan yang memadai, para pendaki di daerah tropis juga bisa mengalami ancaman kedinginan atau worst casenya: hipotermia!
Berikut adalah beberapa tips menghadapi udara dingin di gunung agar terhindar dari efek-efek yang tidak diinginkan :

1. Lindungi semua titik hangat
Manusia memiliki beberapa titik hangat utama yang perlu dilindungi untuk menjaga kehangatan tubuh kita.
Cukup dengan menjaga kehangatan titik-titik tersebut, maka biasanya seluruh badan akan terasa hangat.  Titik-titik tersebut adalah telapak tangan, kaki, kuping, hidung, selangkangan.
2. Peralatan perlindungan
Untuk menjaga kehangatan titik utama panas tubuh, kita perlu menggunakan peralatan sebagai berikut:
  • Jaket Tebal. Untuk menjaga kehangatan badan
  • Kaos kaki.  Untuk menjaga kehangatan kaki
  • Sarung tangan.  Untuk menjaga kehangatan telapak tangan dan ujung jari
  • Topi kupluk/Pelindung telinga.  Untuk menjaga kehangatan kuping.
  • Celana ketat di bagian dalam celana.  Untuk menjaga kehangatan selangkangan
  • Koyo dipotong kecil lalu tempelkan di pangkal hidung untuk menjaga kehangatan hidung

3. Perbanyak makanan yang mengandung kalori
Coklat, nasi, kurma, adalah beberapa jenis makanan yang mengandung banyak kalori.  Kalori yang kita makan, akan dikonversi menjadi energi di dalam tubuh, dan bisa dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh kita dari dalam.  Minuman hangat juga sangat dianjurkan dalam suasana dingin.
4. Melakukan aktivitas tubuh ringan ketika mulai kedinginan
Lari kecil, jalan ringan, loncat-loncat, bisa menaikkan suhu tubuh kita dan menjaga tubuh agar selalu hangat.
5. Selalu menjaga tubuh agar tetap kering
Salah satu ‘kutukan’ terbesar sumber dingin kita?  Baju basah!  Ketika baju kamu basah, selalu usahakan untuk langsung mengganti dengan pakaian kering sehingga panas tubuh kamu tidak terserap oleh baju yang basah tadi.
Demikian tips sederhana dalam menghadapi udara dingin di gunung.  Semoga bermanfaat! :)
#anakgunungindonesia
#SalamLestari

Comments

Popular posts from this blog

Gunung Hawu Bukan Gunung Halu

Halo! Udah lama yah gak ketemu aku yang bawel? Pasti kangen ea? *geli sendiri nulis ea alih-alih ya* But, here i am.  Gua kembali lagi dengan ceria pengen cerita soal Gunung Hawu, bukan gunung halu,  another one day hiking ala-ala semacam Gunung Munara dan Gunung Batu Jonggol yang super populer pada masanya itu. Kali ini, gua ditemani oleh dua jajaka langsing yang berdomisili di Bandung. Ardhi dan Ipan, sayap kanan dan kiri yang siap membuat foto dan video gua lebih cetar dari biasanya. Maklum, Ardhi sorang fotografer dan videografer handal, sementara Ipan bisa diandalkan buat motret sana-sini. Gua? Sesekali jadi model aja boleh kan?  Kali aja ada agensi model papan atas yang ngehire gua buat jadi cover depan majalah Bunda. Kan lumayan. Anyway, kenapa majalah Bunda sik??? "Eh ini bukan sih jalannya?" tanya Ardhi ke gua.  Tentu saja gua jawab, "Mana gua tahu... kayaknya sih ini..." Sebenarnya, main-main ke Gunung Hawu

15 Air Terjun Atau Curug Di Bogor Paling Indah

Bogor selain dikenal sebagai kota hujan , ternyata banyak terdapat tempat wisata air terjun (bahasa Sunda = curug ). Cocok untuk Anda yang memiliki jiwa berpetualang, air terjun juga bisa memberikan sensasi berlibur yang berbeda.  Tidak usah bingung atau takut dengan jarak yang jauh sebab Bogor memiliki 15 air terjun ( curug ) yang sangat cantik. Berikut ke 15 Curug di Bogor , penulisan diurutkan berdasarkan jarak terdekat dari Jakarta. 

Tempat Wisata Di Jogja

Tempat Wisata Di Jogja – Ini dia daftar tempat wisata di Jogja terbaru yang paling bagus dan hits. Dari mulai wisata alam, pantai, kuliner enak, waterpark, wahana bermain anak, hingga tempat nongkrong ada semua disini. Beberapa diantaranya merupakan objek wisata baru yang jarang dikunjungi atau belum terjamah. Bahasa “kerennya” masih virgin atau perawan.